Arti singkatan RD dan RP untuk Imam Katolik


Ditulis oleh : Rinaldo Uneputty

Banyak diantara kita kaum awam sering bertanya-tanya, apa sih arti singkatan RD didepan nama Imam Diosesan / Projo (atau dalam bahasa kanonik disebut Klerus Sekuler)? Apakah RD itu menggantikan singkatan Pr yg selama ini dituliskan dibelakan nama Imam Diosesan / Projo? Banyak yang mengatakan RD itu artinya Romo Diosesan.

RD itu sendiri merupakan singkatan dari Bahasa Latin dari kata Reverendus Dominus, artinya Bapak atauTuan yang terhormat. Ini singkatan yang sudah lama dipakai dalam Gereja Katolik untuk menunjuk imam sekular. RD ditulis di depan nama imam yang bersangkutan. Contoh : RD. Silvester Hari Pamungkas, RD. Antonius Didit Soepartono dan lainnya.

Lalu bagaimana dengan Imam yang memiliki Ordo atau Tarekat tertentu yang biasa disebut Imam Biarawan? Ternyata mereka, para Imam Biarawan juga memiliki singkatan didepannya, yaitu RP. RP itu sendiri merupakan singkatan dari Bahasa Latin juga, yaitu dari kata Reverendus Pater, artinya Ayah yang terhormat. Kata RP ditulis diawal, lalu nama yang bersangkutan, lalu ditambahkan nama Ordo /konggregasinya. Contoh : RP. Antonius Padua Ebo Resi SVD, RP. Yustinus Agung Setiadi OFM, RP. Lammarudut Hariyono Sihombing CICM.

Dan singktan RD dan RP itulah yang sekarang digunakan didepan nama para Imam (Diosesan maupun Biarawan).

Semoga informasi ini bermanfaay bagi kita semua.