FLASHMOB & KERJABAKTI BERSAMA UMAT PAROKI DAN MASYARAKAT


Dalam rangka memperingati Hari Bumi 22 April serta menanggapi ajakan dari KAJ untuk merayakan Hari Bumi dengan menggelar lomba Flashmob yang bertema Kita Bhineka, Bersama Jaga Bumi, maka Seksi Perdamaian Keadilan dan Panitia Penggerak Tahun Persatuan mengadakan kegiatan kerja bakti bersama masyarakat Kelurahan Guntur. Kegiatan kerja bakti bersama dengan masyarakat Keluarahan Guntur, pengurus RT dan RW, Ibu Lurah Guntur dan Bapak Camat Setiabudi juga pengurus Masjid Tangkuban Perahu dilaksanakan di area sekitar Masjid dan Taman Tangkuban Perahu, Kelurahan Guntur, Jakarta Selatan pada Sabtu Pagi tanggal 21 April 2018 pukul 07.00WIB.

Acara ini dihadiri oleh RD Liong dari Paroki Jalan Malang, Ketua Pengurus Masjid Tangkuban Perahu Haji Mukti Hamid,  Camat Setia Budi Bapak Dyan Airlangga, Lurah Guntur Ibu Dewi Lestari beserta dengan segenap jajaran pengurus RT, RW, LKMD, PKK, PPSU juga umat Paroki Jalan Malang.

flashmobKegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu penyampaian sambutan dari RD. Harry Liong, Haji Mukti Hamid serta Bapak Dyan Airlangga. Romo Harry menyampaikan bahwa program kerja 5 tahunan KAJ berdasarkan kelima sila dari Pancasila. Dan tahun ini berdasarkan sila Ketiga yaitu Persatuan Indonesia. Sila ketiga ini lah yang mendasari setiap kegiatan yang dilakukan di paroki-paroki. Dalam rangka memperingati hari Bumi kita diajak untuk bersama-sama masyrakat peduli terhadap lingkungan dengan berpantang menggunakan sterofoam dan plastik.

Ketua Pengurus Masjid Tangkuban Peratu menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan kerja bakti bersama di lingkungan sekitar Marjid Tangkuban Perahu ini. Haji Mukti mengajak masyakarat untuk mencintai bumi dengan cara menjaga kebersihan lingkungan yang juga merupakan bagian dari iman.

Tidak ketinggalan Bapak Camat Dyan Airlangga menyampaikan juga apresiasinya dengan adanya kegiatan kerja bakti bersama ini. Beliau juga berharap dengan kegiatan bersama ini bisa terwujud tali silahturahmi dan kerukunan masyarakat Kecamatan Setiabudi dan sekitarnya, terlebihlagi dalam menyambut tahun politik 2019 dimana Pilada dan Pilpres akan diadakan secara serentak pada tanggal 19 April 2019.

Acara puncak kegiatan ini diisi dengan kegiatan kerja bakti sapu bersih area sekitar halaman Masjid dan Taman Tangkuban Perahu setelah itu juga ada penyerahan alat-alat kebersihan untuk Masjid Tangkuban Perahu. Setelah acara bersih-bersih bersama dilanjutkan dengan Flashmob dengan lagu “Kita Bhineka Kita Indonesia” semua peserta ikut bergoyang mengikuti instruktur senam yang memandu gerakan. Kemeriahan tidak hanya sampai disitu setelah itu masih di lanjutkan dengan senam Gemu Fa Mi Re atau Tarian Maumere.

Selain itu untuk mengkampanyekan gerakan bawa botol minum sendiri, panitia menyediakan souvenir bagi peserta yang membawa botol minum sendiri.